Rabu, 03 Agustus 2011

Gila! Cina Bikin Beras Sintetis

beras_sintetisAnda pernah makan nasi sintetis alias nasi berasa plastik? Silahkan datang di Taiyuan, sebuah kota di propinsi Shaanxi Cina. Menurut Weekly Hong Kong, saat ini, di Taiyuan banyak dijual beras yang dibuat dari kentang, ubi jalar dan ...plastik!
Praktik pembuatan beras tiruan ini, kabarnya dilakukan sebuah perusahaan di Xi'an untuk memalsukan beras Wuchang yang dikenal sebagai beras terbaik.

Setelah kentang dibentuk menjadi butiran-butiran padi, dimasukkanlah resin sintetis industri yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk dan tetap keras setelah dimasak.

Sejumlah laporan menyebutkan, produk berbahaya itu beredar luas di pasaran dan bisa mengancam kehidupan konsumennya. Bahkan media online Very Vietnam menyetarakan 3 mangkuk nasi dengan satu tas plastik. Namun, yang mengherankan, tidak sedikit pula yang mengonsumsinya.

Kelihatannya memang sangat gila dan keterlaluan, namun, kejadian beras sintetis di Cina ini dinilai banyak kalangan, tidak terlalu mengejutkan.

Pasalnya, sejumlah perusahaan di Cina berulangkali telah membuat 'ulah' dengan produk-produk berbahaya. Sebelum kasus telur yang direndam dengan urine manusia, tahun 2008 lalu,  Cina juga pernah digegerkan dengan ditemukannya susu formula bermelamin. Produk itu melukai sekitar 300.000 orang dan menewaskan enam bayi !!
(awc). 



Berita Terkait ARISKU cek TKP GAN



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar