Rabu, 31 Agustus 2011

Cumi-cumi terbesar di pamerkan

Museum Sejarah Nasional (Darwin Centre London) memamerkan seekor cumi-cumi raksasa yang terbesar dan terutuh di dunia pada Maret lalu, cumi-cumi (squid) raksasa itu terjaring oleh nelayan di sekitar perairan Kepulauan Falkland (Pulau Malvinas). Berikut ulasannya..Lihat gambar disebelah, betapa besarnya cumi-cumi tersebut. Cumi-cumi raksasa yang langka ini memiliki panjang 8.2 meter (28 kaki), dan sekarang dipamerkan di dalam sebuah rak kaca sepanjang 9 meter di Museum Darwin Centre, London.

Cumi-cumi raksasa ini sangat langka, pernah dianggap sebagai bangsa ular di samudera, mereka hidup di kedalaman 200-1000 meter di bawah laut. Spesimen cumi-cumi raksasa yang utuh dan maha besar ini sangat jarang ditemui, apalagi dengan Bobot cumi-cumi raksasa ini yang dapat mencapai 1000 kg (cumi-cumi terbesar yang pernah ditangkap pada tahun 1880 panjangnya 18.5 meter, cumi-cumi itu ditangkap di teluk dekat New Zealand).

Peneliti dari Museum Sejarah Nasional menuturkan, bangkai cumi-cumi raksasa biasanya terdampar di pinggir pantai, atau ditemukan dari perut ikan paus. Karena itu, spesimen cumi-cumi yang utuh dan besar ini sangat jarang ditemui

Berita Terkait ARISKU cek TKP GAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar