Jumat, 08 Juli 2011

Benarkah Kopi Membuat Umur Panjang?

BeritaUnik.net, Jakarta – Meminum secangkir kopi setiap hari mungkin jadi rutinitas Anda. Kopi hitam tanpa pemanis memang baik. Dan konon katanya kopi juga menjadi rahasia umur panjang penduduk di Yunani. Bagaimana mungkin?...

Menyerutup secangkir kopi di pagi hari ataupun sore menjadi rutinitas wajib sebagian besar orang di Jakarta. Sepertinya belum bisa beraktifitas secara maksimal jika belum bersentuhan dengan minuman hitam ini. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa kopi dapat mencegah penyakit jantung dan membantu orang hidup lebih lama.
Penelitian di University of Athens menemukan bahwa dengan meminum secangkir kopi setiap harinya dapat meningkatkan elastisitas dari pembuluh arteri. Sehingga menghindarkan Anda dari serangan jantung akibat pembuluh arteri yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Para peneliti ini telah menganalisanya pada 485 orang dengan tekanan darah tinggi. Subyek penelitian ini berusia antar 65 hingga 100 tahun, yang tinggal di Pulau Ikaria, Yunani. Pulau Ikaria ini adalah salah satu pulau yang terkenal karena sepertiga penduduknya memiliki usia mencapai 90 tahun.
Dr.Christina Chrysohoou yang memimpin penelitian ini mengatakan kalau ada keterkaitan yang sedikit aneh antara meminum kopi dengan penyakit jantung. Banyak orang mengira, kalau dengan meminum kopi akan membuat penyakit jantung semakin parah tapi tidak berlaku di Pulau Ikaria ini.
Minum kopi menjadi tradisi sosial yang sudah tertanam di dalam budaya Yunani. Namun, tingkat kematian karena penyakit jantung sangatlah kecil malah cenderung tinggi harapan hidupnya. Hal inilah yang membuat Dr.Christina Chrysohoou bersama timnya menyelidiki penduduk di pulau ini.
Sebanyak 56% orang yang meminum kopi sebanyak satu sampai dua cangkir perhari, justru membuat pembuluh arteri nya elastis. Pembuluh ini berfungsi normal seperti halnya pada orang-orang yang berusia muda. Bahkan lebih elastis dibandingkan dengan orang yang tidak meminum kopi sama sekali.
Menurut Dr. Chrysohoou, dengan meminum kopi hitam pahit sebanyak 25-50 ml setiap hari bisa meningkatkan fungsi arteri karena kandungan kafeinnya dapat mengambil oksida nitrat khususnya pada pasien hipertensi. Hal ini tentu saja dibarengi dengan pola hidup yang sehat dan olah raga yang teratur.
• detikfood

 

Berita Terkait ARISKU cek TKP GAN



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar