Kamis, 22 September 2011

PM Inggris Menyerang Presiden Iran Di PBB


Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron melancarkan serangan secara personal ke Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad saat para delegasi Barat walkout dari ruang Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)...Cameron mulai menyerang Ahmadinejad setelah Ahmadinejad dikabarkan melontarkan hinaan terhadap Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Barat terkait tragedi 9/11 serta krisis finansial.

"Dia (Ahmadinejad) tidak mengatakan, dirinya memimpin sebuah negara yang menyelenggarakan pemilihan umum, namun mengekang hak bicara, media, tidak mengizinkan adanya demonstrasi dan menyiksa tahanan," ujar Cameron, seperti dikutip AFP, Jumat (23/9/2011).


Dalam Sidang Umum PBB, Ahmadinejad berbicara tentang AS dan sejarah penjajahan yang menyebabkan pecahnya dua Perang Dunia, penggunaan senjata nuklir, serta dukungan AS terhadap rezim diktator di Asia, Afrika, Amerika Latin.


Perkataan Ahmadinejad dianggap menghina negara-negara Barat. Juru bicara AS bahkan mengatakan, Presiden Iran ini mengeluarkan sebuah konspirasi yang menjijikkan.


Semenjak Ahmadinejad naik ke kursi Presiden Iran pada 2005 lalu, Iran selalu menunjukkan sikap konfrontatifnya di PBB. Pada 2010 lalu, Ahmadinejad sempat memicu kemarahan AS dan negara lainnya di PBB lewat topik 9/11.


Pada 2009 lalu, delegasi dari AS dan Prancis juga melakukan walkout sebagai bentuk protes terhadap perkataan Iran yang diduga mengandung unsur SARA.

Berita Terkait ARISKU cek TKP GAN



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar